masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya

masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya
............masih ada dari sebuah episode yang pernah hilang, bahkan rasa lain dari yang sebelumnya ............

Sabtu, 05 Januari 2013

Film & Ost. Damai Kami Sepanjang Hari

IWAN FALS MAIN FILM !

!

DAMAI KAMI SEPANJANG HARI 1985 adalah salah satu nya film yang diperankan Iwan Fals.(meskipun ia bermain di Film Kantata Takwa 1990 dan cameo di film Kekasih 2008)

Film yang bercerita Iwan sebagai pengamen mempunyai Bapak yang supir bajaj serta Ibu seorang pencuci pakaian serta mempunyai adik yang banyak.

Suatu hari bapak nya Iwan tertabrak mobil saat narik bajaj, dan ternyata si penabrak tersebut adalah seorang penyanyi terkenal Dance Lintang ,Iwan pun minta pertanggung jawaban si penyanyi tersebut, tapi sayang Dance amat arogan semua di selesaikan dengan uang.

Setelah sepeninggal Bapak nya Iwan akhir nya bekerja sebagai pengamen sampai larut malam, Ibunya yang sedang hamil pun ikut bekerja sebagai pencuci pakaian adik2 nya juga ikut bekerja apa sajadan adik nya BUDI sampai jualan Koran maka terciptalah lagu itu. “siBudi kecil kuyup menggigil, menahan dingin tanpa jas hujan, disimpang jalan Tugu Pancoran, tunggu pembeli jajkan koran” [sore tugu pancoran]
Sekolah Iwan pun menjadi berantakan dan dia telat membayar uang SPP. Apalagi setelah ibunya mengalami pendarahan dan meninggal usai melahirkan anak nya, Iwan pun semakin kalut. Para tetangga menyarankan agar adik2 nya dititipkan di Panti Asuhan, Iwan menolak sampai di bawa sidang kelurahan segala, dalam sidang tersebut Iwan boleh mengasuh adik2 nya asal dia telah berhasil dan membuktikan bahwa dirinya mampu untuk itu.

Tapi Iwan malah terpuruk lebih banyak bolos sekolah, sampai2 dia berniat membawa adik2 nya kabur dari Panti asuhan tapi malah ketahuan oleh seisi panti maka teriak2 lah “maling” Iwan kabur dan para tukang becak yang melihat nya loncat keluar dari panti malah menggebukinya .
Iwan pun sempat meringkuk di penjara, berkat temannya yg seorang wartawan dan teman sekolah nya Iwan bisa bebas. Temannya yang wartawan menawarkan demotape kepada seorang produser namun di tolak, karena lagu2nya dianggap ‘ganjil’ ngga memenuhi selera pasar yg di dominasi Dance Lintang.

Film ini pun dibubuhi percintaan Iwan dan pacarnya Tia, ada adegan Iwan digebuki oleh kakak sang pacar karena tak setuju adiknya berpacaran dengan pengamen.

Sang Produser rekaman yg sempat di tawari demotape oleh temannya bernama Miftah, akhir nya memanggil supaya Iwan mau rekaman dengan nya, produser itu jengkel karena Dance Lintang sering ingkar dalam proses pembuatan album berikut akibat pengaruh drugs.


Iwan pun rekaman dan Produser sangat senang, sampai2 Dance Lintang marah sebab saingannya adalah seorang pengamen. Seperti film2 Indonesia lain nya Sukseslah Iwan dgn rekaman album nya dari situlah nama FALS di tambahi setelah namanya.

Dance Lintang di tangkap polisi karena terlibat narkotika, Iwan fals pun bisa membuktikan kepada warga bahwa dia bisa berbuat untuk adik2 dan pacarnya.

Film ini menampilkan Iwan Fals, Titin Suherman [Tia], Rima Melati [ibu], Ade Irawan, Nunu Datau, Sandi Taroreh,Bram Adrianto. Di sutradarai oleh Sophan Sopian.
Film di produksi tahun 1985. dan MUSICA STUDIO sempet ngeluarin OST DAMAI KAMI SEPANJANG HARI tapi judul nya salah DAMAI HATI SEPANJANG HARI, mungkin sebabnya ngga beredar lama dan bersyukur punya Ost nya juga.

Pertama kali liat film ini taun 1990 an di TPI sampe  telat masuk sekolah hehe karena ditayangin siang jam 11 sedangkan sekolah masuk siang jam 1 telat deh :P
Dan baru tahun 2002 dapat VCD nya setelah dengan sengaja cari2 di apotik ngga ketemu payah deh masa apotik kagak jualan VCD sih :D..//kaboorrrr sambil ngupil

VCD ini di transfer dari Video Beta dgn kualitas gambar yg kurang bagus, coba dari master  pasti lebih bening. [abd]

7 komentar:

  1. Msh inget aje waktu.itu di puter di TPI hehehe...

    Klo kg salah waktu itu msh ada sinetron
    KEDASIH wkwkwk....

    BalasHapus
  2. seingat saya di puternya hari sabtu....karna bolos sekolah berseragam pramuka mas doel hehehe

    BalasHapus
  3. bagi bagi rippingan rock opera nya donk mas doel....

    BalasHapus
  4. Kak Tia ( Titi Suherman ) ad yg tau sekarang gmn y ??cantik orgnya

    BalasHapus

= trims udah cuap-cuap disini =