masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya

masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya
............masih ada dari sebuah episode yang pernah hilang, bahkan rasa lain dari yang sebelumnya ............

1

1

Iwan Fals - Barang Antik

ERA MUSICA STUDIO'S



Album ini dirilis sekitar bulan April 1984 [dari data PH] dan bulan Juni 1984 [data dari kaset]. Kenapa saya mencoba menampilkan album ini ? padahal udah ribuan yang mengulas album Iwan Fals ?

yuuuk..gw coba menceritakan album ini versi sendiri,

Pertama melihat cover kaset cukup menarik dimana IF membaca majalah sambil bersandar di sepeda balap, sedang gambar didalamnya IF duduk di atas peti sambil bertelanjang dada dan bersarung [gbr dalam] ..gambar tersebut hanya ada pada cover cetakan awal 1984....cukup unik bukan ?

di album ini Iwan Fals tidak menciptakan semua lagu ada beberapa lagu aja, kok bisa yah ? secara IF adalah pencipta lagu2 nya sendiri. Menurut artikel album ini adalah jawaban dimana IF di tantang menyanyikan lagu orang lain dengan gayanya sendiri. kalau disimak memang lagu lagu di album ini dinyanyikan gaya IF yang spontan [seperti lagu Sunatan Masal yg ditengah lagu IF nyeletuk "capek nyanyi gila nih".. atau "sabodo"

Ada hal yang berbeda ketika album ini di rilis dalam format Piringan Hitam, selain jumlah lagu yang lebih sedikit ternyata ada satu lagu berjudul "LUKA" yang tidak dimasukan kedalam format kaset. Entah pertimbangan apa yang terjadi disana....?

Rekaman album ini pun telah rampung disaat IF di interograsi di Pekan Baru selama 12 hari sejak terhitung 14 April 1984.

dalam Format kaset Iwan Fals hanya menciptakan satu lagu saja di lagu "jangan Bicara" walau di Format PH juga menciptakan lagu "LUKA"

Mari kita lihat musisi yang terlibat didalamnya :

1. WILLY SOEMANTRI, ini dia Penata musik yang memperkenalkan IF di jalur Country sejak album Sarjana Muda. 6 + 12 senar acoustik, Electrik guitar, Banjo dan percussi.
2. DODO ZAQARIA, Electrik Piano & Keyboard
3. SOPYAN ALDIN , BASS
4. JELLY TOBING , Drum pada lagu "Asmara Pncaroba & " Salah Siapa"
5. ZAINURI, DRUM
6. LULUK PURWANTO , BIOLA
7. DAMA GAOK, Banjo pada lagu "Oplet Tua" & Backing vocal
8. IWAN FALS, Harmonika, Gitar pada lagu " Onani / Jangan Bicara"
9. RUSMIN, Penata REkam & Operator
10. GERRY, PENATA REKAM
11. BOEDI SOESATIO, Desain Grafis
12. JUDO SAIMUN, Photo grafer

lagu lagu dalam format ini :

1. Barang Antik Cipt. DIAT,
lagu bercerita carut marutnya jalan raya di ibukota Jakarta ini, terlalu banyak kendaran didalamnya dan tentang sopir tua pengendara oplet yang sekarang sulit diketemukan.

2. Kumenanti Seorang Kekasih Cipt. YOES YONO
lagu ini di disodorkan si penciptanya sejak tahun 1982, dan baru tahun 1984 IF membawakan nya. lagu tentang sesorang yg menanti pacarnya di suatu tempat, cukup unik sebab IF membawankannya dengan suara rendah serak dan berirama gembira di tengah lagu pun IF nyeletuk kata "assiikk".

3. Sunatan Massal Cipt. CHILUNG RAMALI
Chilung adalah adik dari musisi Zaenal Combo dari awal beliau sudah terlibat dalam beberapa penciptaan lagu di album IF. Lagu ini bercerita tentang riuhnya suasana pada suatu pesta sunatan massal.

4. Jangan Bicara Cipt. IWAN FALS
Lagu tentang rasa nasionalisme yg hilang, bawahan yang selalu menjadi korban, dan pengangguran. disini IF memainkan gitar akustiknya diselingi Harmonika.

5. Asmara & Pancaroba Cipt. JAYA SUSANTO
Aransemen di lagu ini cukup lengkap band, harmonisasi nya menyatu dengan vokal sang penyanyi musik yg dominan oleh Drum dan Gitar Rhytm elektrik.

6. Tante Lisa Cipt. DAMA GAOK
lagu yang di awali oleh Siulan dan lirik bercerita seorang wanita centil dan sudah menjanda setahun. lirik yang waktu itu lagi "in" tante tante yang membutuh kan "brondong" hahahahaha...

7. Salah Siapa Cipt.RICHARD KYOTO
Lagu ini cukup keren dimana gebukan Drum Jelly Tobing yang menghentak di tengah lagu serta sound yang jernih sehingga pukulan drum bebrbunyi seperti menggunakan efek gema.

8. Nyanyianmu Cipt. YOSI
Musik akustik gitar yang dominan dilagu ini membuat makin keren aja ditambah suara IF bernada tinggi saat Reff. seperti suara sengau.

9. Jalan Yang Panjang Berliku Cipt. TOMMI & MARIE
sepasang Suami Istri ini cocok sekali menciptakan lagu lagu untuk penyanyi. untuk lagu ini diawali dengan suara rhytm gitar dan efek suara hembusan angin dan hentakan Bass di saat Reff kedua.

10. Neraka Yang Asik Cipt. WILLY .S / TOMMI
Sepintas awal lagu ini mirip dengan lagu DYER MAKER-nya Led Zepplin, apa karena rhytm gitar yang dimainkan hampir sama atau apa karena lirik awal yg ada ' o..o..o' nya ? yang jelas suara Drum lebih dominan dalam lagu ini

Inilah jawaban dari tantangan tersebut dimana ternyata IF bisa menyanyikan lagu yang diciptakan orang lain, bahkan banyak yang menyangka lagu-lagu tersebut adalah ciptaan IF sendiri.

ternyata kita rindu seorang Iwan Fals yang bernyanyi dengan "spontanitas" baik dalam rekaman atau konser live.... apakah masih ada ?

salam manis , abd,-

IWAN FALS - BARANG ANTIK - KUMENANTI SEORANG KEKASIH
Produksi Musica
tahun rilis 1984
Musik : Willy Soemantri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

= trims udah cuap-cuap disini =