masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya

masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya
............masih ada dari sebuah episode yang pernah hilang, bahkan rasa lain dari yang sebelumnya ............

Kamis, 11 Juli 2013

Metamorfosis yang Amburadul

KELOMPOK AMBURADUL 1979
Personil : Totok Gunarto, Helmie, Iwan Fals
additional : Bambang Bule (drum), Riena Rusli (Vocal)
Produksi Virgo Ramayana Record/Istana Music




1. KELOMPOK AMBURADUL 1979
Menurut di cover ada retur Maret 1980 berarti kaset ini di rilis setahun sebelumnya yaitu Maret/April 1979, biasanya toko kaset bisa meretur kaset yang tak laku.

2. PERJALANAN 1981(hitam)
Ceritanya begini, disaat Iwan Fals mengeluarkan album Sarjana Muda 1981dibawah label Musica Studio dan Meledak dipasaran, maka Label Istana Musik kembali merilis album Kelompok Amburadul dengan nama "Iwan Fals - Perjalanan" distribusi Varia Nada karena kepopuleran Iwan Sendiri.Maka pihak label pun ranpa ragu2 menggunakan nama Iwan Fals tersebut dengan lagu yg sama hanya beda susunan lagu dan Judul di Cover saja.(banyak artikel menulis album ini rilis tahun 1980, padahal jelas "Sarjana Muda" di rilis 1981 dan album "Perjalanan" dirilis setelahnya).

3. PERJALANAN edisi Box 1989 (merah/orange)
Lagunya masih sama dengan terbitan sebelumnya, karena tahun itu lagi mewabah tempat kaset dengan edisi Boks. Disini pihak Istana Musik masih bekerja sama dengan Virgo Ramayana sebagai penyalur.Hanya susunan lagu yg sedikit dirubah dan menapilkan Poto Iwan Fals seorang.(banyak yang menulis album ini rilis tahun 1980 padahal dilihat masa retur kaset 12/89 maka dipastikan kaset ini terbit setahun sebelumnya.

4. 3 BULAN 1989
Kaset yang sedikit istimewa karena ada tambahan tiga lagu yang tidak ada di kaset sebelumnya, bahkan dikaset cetakan pertama band Kelompok Amburadul. Disini Virgo Ramayana full mengeluarkan kaset ini, kalo istilah zaman sekarang "Repackge" dengan tambahan beberapa lagu baru.Kalo disini tambahan dua lagu tersebut adalah lagu yang tak  lolos dimasukan kedalam album waktu itu, lalu lagu 3 Bulan pun menjadi judul album dan poto yang dipajang adalah poto Iwan Fals di Cover dalam "Sarjana Muda" dengan sedikit edit memotong tulisan yang ada di poto tersebut (teks : "Bangunlah Putra Putri Pertiwi)
banyak yang menulis album ini rilis tahun 1979/1980 padahal dilihat masa retur kaset 12/89 maka dipastikan kaset ini terbit setahun sebelumnya.kalo materi lagu dan musik  sama dengan Kelompok Amburadul 1979

Kelompok Ambuadul 1979 (atas)
Iwan Fals ngamen di restoran (bawah)
From : Majalah Senang 1990

Banyaknya Copy Paste tentang tahun rilis yang  kurang benar, membuat saya tergelitik menulis  karena minimnya literatur album2 ini kecuali saya harus melihat cover dan mencermati masa "edar" dan "retur" kaset tersebut dan mencocokan dengan album penyanyi lain yang seangkatan dan mendekati tahun rilisnya. Banyak kok album yang dirilis kembali dalam bentuk cover, judul yang berbeda  // kisah Kelompok Amburadul akan di  terbitkan dilain episode  hehehehe ;) [abd]

2 komentar:

  1. Kaset ini tahun berapa: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b2/Iwan_fals_-_perjalanan.jpg

    ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim : itu cover PALSU buatan sesorang yg lupa cover perjalanan, gbr aslinya diambil dari cover dalam kaset "MATA HATI" prod. Blackboard rilis 1994 atau kompilasi ADA LAGI YANG MATI Prod . Musica Studio's yg rilis tahun 1999.

      dan setahu saya cover album itu tidak pernah dirilis oleh Lembaga Humor Indonesia (LHI) yg jelas2 beda label dengan "perjalanan". :)

      Hapus

= trims udah cuap-cuap disini =