masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya

masih ada dari sebuah episode yang hilang, rasa lain dari yang sebelumnya
............masih ada dari sebuah episode yang pernah hilang, bahkan rasa lain dari yang sebelumnya ............

Selasa, 22 Januari 2013

Wawancanda sore dengan IWAN FALS

Kali kedua saya bertemu dengan Iwan Fals secara personal sambil tanya soal ini soal itu, di bilangan radio swasta di Jakarta 21/01/2013. Ketika Bertemu seperti biasa memberi salam kepada Bagoes AA dan Iwan Fals yang kala itu sedang berbincang santai...sambil mengenal kan diri kepada Iwan Fals..lalu sayalangsung ke pokok permasalahan (soalnya Iwan akan on air radio ).



beberapa pertanyaan tapi tepatnya sih konfirmasi kepada Iwan Fals soal karyanya tahun '80an, 
- soal judul panjang "doa Pengobral dosa"  yang tertera di PH menjadi "Doa Pengobral Dosa di Sudut Dekat Gerbong Butut" merupakan kesalahan dari pihak Label kata Iwan Fals, tetapi bagi kolektor.. ini menjadi unik
- lagu  "Menjelang Bobo/tidur" di album Wajib Belajar nya Rita Rubby Hartland dimana disitu tertera ciptaan Willy.S/RitaRubby/Iwan Fals, di sini Iwan bilang "LUPA" mungkin juga saat itu, kalo bisa lagu nya saya minta kayak apa lagu2 tersebut..ujar Iwan
- soal Lagu "KELUARGA DALAM BENCANA" di album EXAMASIST , "saya lupa tentang lagu tersebut, dan baru tau ada lagu saya disitu, itu grupnya Helmi dan Bambang setelah AMBURADUL saya ikut lomba Humor, Totok ke DEMOKRATIK " kata Iwan
- lantas soal singkatan KPJ antara kaset dan PH Iwan bilang " coba tanya ke Anto Baret, soalnya ada dua persepsi juga  antara Kelompok Pemusik Jalanan dan Kelompok Penyanyi Jalanan.. kalo penyanyi hanya bernyanyi, kalo pemusik lebih luas"
- Tentang lagu "Luka" dan "Annisa" yang tidak dimasukan ke album, ternyata Iwan sendiri gak tau kenapa tidak dimasukan dua lagu tersebut " mungkin untuk lagu Annisa gak muat dikaset waktu itu (kaset c-45 kata Iwan).
- Lagu "Percayalah Kasih" dialbum Yockie - PENANTIAN, "tadinya suara cewek itu Yos, tapi saya gak setuju lalu digantikan oleh Vina Panduwinata"

Suara Cewek di lagu Damai Kami Sepanjang Hari  dan "Surat Buat Wakil Rakyat" merupakan suara mbak Yos (istri Iwan).dan suara anak kecil di lagu "Wakil Rakyat dan Kemesraan" versi awal itu suara anaknya Heiry Buchaeri dan suara cewek itu Titik Hamzah ketika saya tanya ke Bagoes AA.

ketika saya tanya soal Jingle Iklan, Iwan Bilang "ada tiga jingle iklan yang saya bikin, iklan jeans JOIN-IN , iklan vespa waktu dibandung awal 80-an dan tabloid "DETAK" (90an)..# wah punya Pe-er lagi nih iklan sebuah Vespa, hunting lageee.....

album2 awal Iwan Fals menurut beliau sendiri
1. Rekaman di Radio EH 8 (tidak diedarkan) dimana Iwan bermain sendiri
2. Kelompok Amburadul (Totok kebandung mengajak Iwan membentuk band dijakarta dan rekaman diwal 1979)
3. Yang Muda Yang Bercanda II (vakumnya Amburadul Iwan ikut lomba2 humor, Totok ke Demokratik)
4. Canda Dalam Ronda (bersama Pepeng, Krisna, Nana Krip)
5. Canda Dalam Nada (lagu yang di ambil dari dua album sebelumnya di bendera LHI)

Ketika Iwan bermain di Balai Sidang Jakarta ada pihak Musica Studio menawarkan nya Rekaman maka rilis album Sarjana Muda"
Sedikit Wawancanda bareng Iwan Fals dengan suasana yang hangat & santai, sebenar masih banyak yang saya ingin tanyakan, apadaya waktunya sangat pendek mungkin lain waktu  dialbum baru nya Iwan Fals yang akan edar medio 2013 ini....(abd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

= trims udah cuap-cuap disini =